Vending Machine e-money Mandiri
Ternyata cukup dengan menggunakan e-money kita bisa mendapatkan minuman segar dari Vending machine Mandiri.Pertama memilih produk, kemudian menempelkan kartunya, dalam hitungan detik, minuman menggelinding keluar. Hore!!
Berikut gambar mesinnya :
Berikut cara penggunaanya :
Infrastruktur Vending Machine
Mari kita lihat komponen yang ada didalam sebuah vending machine pada umumnyaKomponen dari vending machine antara lain :
- Mikrokontoler : Sebagai komputer yang mengolah semua perangkat di vending mechine agar bekerja dengan baik
- Card reader : Membaca identitas dari kartu yang ditempelkan, dengan decode melalui akses ke database Bank Mandiri
- CD : Menampilkan intruksi dan keterangan yang ada
- Bottle Dispenser : Menampung dan mengeluarkan botol
- Power Socker: Daya/sumber energi dari vending machine
- Refrigrator : Pendingin produk/botol
- Produk / Botol
4+1 Model View
Setelah menggunakan vending machine, mari kita analisa bagaimana vending machine bekerja menggunakan 4+1 model view. Hal diperlukan dalam menggambarkan arsitektur pada sebuah perangkat lunak.- Logical view menggambarkan fungsionalitas sistem kepada end-user, antara lain : Class diagram, Object diagram, Collaboration diagram.
- Process view berurusan dengan aspek dinamis pada sistem, dan fokus pada perikalu sistem, antara lain Sequence diagram, Activity diagram
- Development view menggambarkan sistem pada sudut pandang programmer, antara lain Component diagram
- Physical view menggambarkan sistem pada sudut pandang enggineer fisik dari device, antara lain Deployment diagram
- Skenario mengilustrasikann skema bagaimana sistem bekerja dengan menggunakan use case diagram
Scenarios
Use Case DiagramProcess View
Sequence DiagramActivity Diagram
Logical View
Class DiagramCollaboration Diagram
Development View
Component DiagramPhysical View
Deployment DiagramDesign Pattern Vending Machine
Vending Machine = State Design Pattern
State pattern memungkinkan sebuah objek mengubah behavior nya ketika
internal state nya berubah, hal ini ditemukan di vending machine.
Vending machine memiliki state-state berdasarkan stock nya, jumlah uang
yang terdeposit, ability untuk berubah state, memilih item, dll. Ketika
uang didepositkan dan pilihan telah ditentukan, vending machine akan
entah mengeluarkan produk nya dan tidak ada perubahan, mengeluarkan
produk dan berubah state, tidak mengeluarkan produk karena kekurangan
uang, atau tidak mengeluarkan produk karena kekuarangan stock minuman.Implementasi Vending Machine
Setelah menganalisa diagramnya, berikut implementasi dari vending machine tadiBerikut link source code : github.com/dzakybd/VendingMachine
Disusun oleh :
- Dzaky ZF (5114100067)
- M. Anwar (5114100137)
- Andreas Galang (5114100153)
- fajarbaskoro.blogspot.com
- en.wikipedia.org/wiki/4%2B1_architectural_view_model
- youtu.be/QlghTi1WWfY
- youtu.be/Smbyr9eZcd0
- world2buzz.blogspot.co.id/2013_05_01_archive.html
- deamertek.com/Fridge.aspx
- cleanprolaundryparts.com/cleanpro/256-6-cph-1k-018-cph-vending-machine-power-socket-power-supply-.html
- eufass.blogspot.co.id/2012/12/whats-inside-vending-machine-and-trivia.html
- sourcemaking.com/design_patterns/state
0 komentar:
Posting Komentar